Minggu, 26 September 2010

Musik Tradisional Indonesia


By: M.A. Rozaqi  

Musik tradisional adalah musik yang sudah turun temurun dalam masyarakat.Jenis musik ini bersifat terbatas oleh & untuk kelompok masyarakat/daerah tertentu.

Indonesia mempunyai beragam suku dan tentunya musik tradisionalnya,diantaranya keroncong dari Jawa Tengah,degung dari Jawa Barat,dan gambang kromong dari Betawi.

Musik-musik tradisional Indonesia kebanyakan dipengaruhi oleh beberapa kebudayaan besar lainnya,seperti kebudayaan & mitologi Hindu,nilai-nilai Islam,serta kebudayaan Cina,Melayu,& Eropa.

Alat Musik Tradisional Indonesia

Indonesia mempunyai puluhan bahkan ribuan alat musik tradisional,yang terbagi dalam beberapa instrumen,antara lain instrumen petik (sitar & japen), instrumen gesek (rabab darek & rabab pasisir), instrumen tabuh (gendang & doli), instrumen pukul (bonang & gong),& instrumen tiup (fu & suling bambu).


Fakta Penting

Diperkirakan alat musik paling tua di Indonesia adalah gendang yang terbuat dari perunggu.Gendang ini biasanya digunakan dalam upacara-upacara adat.

Tokoh Musik Besar Indonesia

Setiap negara pasti mempunyai tokoh besar yang terkenal,begitu juga dengan Indonesia sendiri.Banyak tokoh musik besar dari Indonesia,seperti Gesang,Benyamin S,Rhoma Irama,Titiek P,Iwan Fals,dll.

Berakit-rakit ke hulu,berenang-renang kemudian.Itulah peribahasa yang mencerminkan tokoh-tokoh di Indonesia.Kebanyakan artis-artis indonesia berawal dari nol,yaitu susah dahulu.Seperti Benyamin S,dulu sebelum menjadi pelawak/penyanyi,mencari nafkah dengan bekerja sebagai pedadang roti & kondektur bus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar